Ono Surono, ST

Belajar, bekerja dan berjuang bersama rakyat
Kamis, 18 Agustus 2022

Tak Hanya Minyak Goreng, Ono Surono Dorong Pembentukan Pansus Pangan

19 Maret 2022, 18:51 Politik dan Hukum


JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR Ono Surono mendukung pembentukan Panita Khusus (Pansus) terkait persoalan minyak goreng atau migor. Hanya saja, Ono menambahkan, Pansus nantinya tak hanya fokus pada persoalan migor melainkan pada persoalan produk pangan lainnya.

“Sebenarnya bukan hanya migor tapi juga produk pangan lainnya yang seringkali langka atau harga yang tiba-tiba melonjak naik,” kata Ono Surono, Sabtu, (19/3/2022).

Ono mengatakan, Pansus nantinya tidak hanya mengurusi permasalahan migor tetapi juga fokus kepada produk tata niaga lainya.

“Sehingga kalaupun ada usulan pansus maka selain migor, harus juga fokus pada tata niaga pangan,” tegas Ono.

Terkhusus untuk persoalan migor saat ini, Ono berharap, agar pemerintah dapat terus memantau ketersediaan dari minyak goreng curah di pasaran.

“Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan harga 14 ribu/liter yang tentunya harus terus dipantau ketersediaanya,” tegas Ono.

Ono turut meminta, kepada pemerintah agar kartel migor yang selama ini melakukan penimbunan saat adanya subsidi dapat dipidana dengan Undang-Undang (UU) Pangan.

“Kartel harus dipidana sesuai UU Pangan,” tandas Ono.

Sebelumnya, DPR mempertimbangkan pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk menyelesaikan tata niaga minyak goreng.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Gabungan Komisi IV, Komisi VI, dan Komisi VII DPR dengan Pemerintah beberapa waktu lalu. Sebagai informasi dalam rapat gabungan tersebut diagendakan membahas 4 permasalahan.

Yakni efektivitas neraca komoditas dalam pengendalian harga pangan pokok; neraca pangan, kenaikan harga dan kesiapan pangan dalam menghadapi bulan puasa; tata kelola kebijakan pupuk (subsidi dan non subsidi); serta pasokan dan harga gas untuk produksi pupuk.

Namun, sejak dimulainya rapat gabungan, permasalahan minyak goreng menjadi perhatian sebagian besar peserta rapat. Rapat gabungan diputuskan ditunda karena Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian belum bisa menghadiri rapat gabungan tersebut. 

ASPIRASI RAKYAT
  • SANTI
    30 Januari 2021
    percobaan test
  • HAMBA ALLAH
    10 Juli 2020
    mantap
  • BUDI
    1 Juni 2020
    MAntap maju terus pak Ono Ketua DPD PDI Perjuangan JAwa Barat... Jaya selalu.. sehat selalu ketua... salam dari desa Krimun Losarang
  • AMIN JATISAWIT LOR
    31 Maret 2020
    Ribut-ribut Corona di Indonesia, desa kami baik-baik saja... di desa kami susah bikin kelompok tani... bagaimana caranya akses program dari pak Ono selain syaratnya kelompok tani.. terimakasih.
  • MOHAMAD NURUDIN
    31 Maret 2020
    Mantap